Minggu, 25 Maret 2012

Komunikasi


Ketika Henry David Thoreau di Walden Pond. Dia melihat beberapa pekerja sedang merentangkan kabel di sepanjang jalan kereta api di Fitchburg Railroad . Dia bertanya apa yang sedang mereka lakukan, dan denagn sangat bangga mereka menjawab bahwa mereka sedang merentangkan kabel telegrap yang akan memungkinkan orang di Maine bisa bicara denagn oaring yang ada di Texas.

Walaupun ada kenyataan bahwa ini adalah  bentuk komunikasi  yang paling modern pada waktu itu, Thoreau tidak terkesan pada ciptaan baru tersebut. Dia bertanya,” Kalau bagaimana kalau orang di Maine tidak perlu mengatakan apapun kepada orang di Texas dan orang di Texas tidak perlu mengatakan apapun pada orang di Maine?.”

Seandainya sekarang Thoreau masih hiodup, dia akan melihat system komunikasi yang jauh lebih unggul daripada telegrap, tetapi apakah dia akan merasa terkesan ?Mungkin- tetapi bisa jadi dia juga akan mengajukan pertanyaan yang sama kepada kita. Inilah pertanyaannya: apakah Anda menempatkan penekanan lebih banyak pada metode Anda dibandingkan denagn pada pesan Anda? B4eberapa orang punya sesuatu untuk dikatakan sementara yang lain-lainya harus mengatakan sesuatu. Orang dari jenis manakah Anda?

Langkah-langkah tindakan

1.      Hari ini saya akan mengingat pentingnya petunjuk pemakaian yang harus diberikan kepada setiap orang yang mamiliki kemamapuan vocal: “ Hidupkan otak sebelum mengoperasikan mulut.”

2.      Hari ini saya akan _______________________________________________________________
      _____________________________________________________________________________

“Ketika Anda bicara Anda  hanya mengatakan sesuatu  yang sudah anda ketahui- ketika Anda mendengarkan Anda mempelajari apa yang sudah diketahui  orang lain”

Tidak ada komentar:

Pages